Featured Widget

6/recent/ticker-posts

Bantuan Muhammadiyah untuk Rakyat Palestina Telah Tiba di Rafah

MUHAMMADIYAH, MESIR – Bantuan rakyat Indonesia yang diamanahkan melalui Muhammadiyah telah sampai di Palestina. Diberangkatkan dengan menggunakan truk, bantuan tersebut bertolak dari Kota Badr, Kairo pada Senin (27/11/2023) dan tiba di perbatasan Rafah pada Ahad (17/12/2023). 

Pengiriman bantuan ini dilakukan melalui koordinasi Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) dan diterima oleh Palestine Red Crescent Society atau Bulan Sabit Merah Palestina.

Konflik kemanusiaan yang terjadi di Palestina mendorong berbagai pihak untuk mengirimkan bantuan, termasuk Muhammadiyah yang menghimpun dana melalui Lazismu. 

Terlebih saat sedang dilakukan gencatan senjata untuk membuka pintu masuk bagi bantuan kemanusiaan internasional. Pengiriman bantuan tersebut melibatkan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Mesir, Kantor Layanan (KL) Lazismu PCIM Mesir, IHA, serta mitra lokal yaitu Ghiras.

Mewakili Ghiras, Muhammad menyampaikan ucapan terima kasih kepada rakyat Indonesia. Dengan bantuan tersebut, ia berharap agar penderitaan yang dialami saudara-saudara di Palestina dapat terobati. 

“Mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga Indonesia yang sudah menitipkan paket bantuannya melalui kami. Dengan harapan yang sangat besar semoga bantuan tersebut dapat membantu dan meringankan saudara kita yang ada di Palestina,” ujarnya.

Ketua PCIM Mesir Hidanul Achwan dan Kepala KL Lazismu PCIM Mesir Khairul Hakim terus memantau proses pengiriman bantuan sejak diterima di Mesir hingga tiba di perbatasan Rafah. Khairul Hakim merinci, bantuan tersebut berisi makanan pokok seperti beras, tepung, minuman, peralatan medis, serta pakaian musim dingin.

“Kami sangat berterima kasih kepada Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sudah memercayakan kami untuk menjadi tim lapangan yang terjun langsung dalam melakukan pengemasan, pengawasan, dan pelepasan truk bantuan kemanusiaan. Banyak sekali pelajaran berharga yang bisa kami dapat,” ungkap Khairul Hakim.

Penyaluran bantuan ini berada di bawah payung IHA, sebuah aliansi yang mewadahi lembaga-lembaga kemanusiaan di Indonesia untuk menyalurkan bantuan bagi rakyat Palestina. IHA juga turut berkomitmen dalam menjaga semangat juang warga di Palestina. 

Melalui program Muhammadiyah Aid, Lazismu turut andil dalam konvoi 11 truk bantuan kemanusiaan. Dua truk di antaranya membawa bantuan dari Muhammadiyah. Setiap truk tersebut memiliki bobot sebesar 16 ton.


Sumber : muhammadiyah.or.id

Posting Komentar

0 Komentar